Tips Usaha Ayam Crispy untuk Pemula

Tips Usaha Ayam Crispy untuk Pemula Agar Berhasil dan Menguntungkan

Usaha ayam crispy cukup menjanjikan. Pastikan Anda tahu bagaimana tips jual dan peluang usahanya. Ayam menjadi salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan beraneka ragam menu andalan. Tidak sedikit orang yang memasaknya menjadi beragam pilihan menu.

Ayam bisa diolah menjadi berbagai menu mulai dari digoreng, bacem, tepung hingga masih banyak yang lainnya. Ayam tepung atau biasa dikenal dengan fried chicken atau juga ayam crispy cukup diminati. Olahan daging ayam dengan bumbu sederhana ini memang sudah ada sejak lama.

Ayam, menjadi bahan utama untuk pembuatan jenis masakan yang satu ini. Tidak hanya dirumah-rumah kini justru ayam crispy memiliki peluang besar untuk dijadikan sebuah usaha. Hal ini dikarenakan makanan yang satu ini hampir disukai semua orang.

Baik untuk dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Banyaknya permintaan akan ayam crispy membuat sebagian orang menjalankan usaha tersebut.

Namun, untuk cita rasanya tentu berbeda-beda. Setiap pedagang memiliki keunggulannya masing-masing. Bagi Anda yang akan menggeluti usaha ayam crispy sebaiknya gunakan tips yang tepat.


Tips Usaha Ayam Crispy Bagi Pemula

Makanan cepat saji atau fast food menjadi salah satu jenis yang cukup banyak diminati saat ini. Selain praktis jenis makanan yang satu ini juga memiliki harga terjangkau. Bahkan karena cukup populer justru memilih makanan seperti ini menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Salah satu makanan cepat saji yang cukup diminati yaitu fried chicken atau ayam dengan balutan tepung.

Makanan yang satu ini cukup diminati karena rasanya nikmat, gurih dan enak. Cocok dimakan untuk semua kalangan. Tekstur makanannya yang renyah dan crispy membuat selera makan semakin naik. Peluang usaha ayam crispy cukup menjanjikan. Bahkan meski sudah banyak pelaku usaha lainnya masih saja tetap diminati para konsumen. Namun, bagi Anda pemula bisnis tersebut tentu masih bingung apa strategi yang tepat.

Dengan banyaknya pesaing tentu Anda harus bisa memberikan hal yang menarik dan berbeda. Sehingga jualan Anda akan diminati. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui. Mulai dari modal, cara pembuatan, pemasaran, keuntungan, hingga kiat suksesnya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menjalankan bisnis ayam crispy.


Lokasi

Tips menjalankan bisnis ayam crispy yang pertama yaitu dengan memilih tempat untuk jualan. Lokasi cukup berperan penting untuk menjalankan sebuah usaha. Sebaiknya pilih lokasi yang berada di pinggir jalan dan cukup ramai. Jika tidak Anda juga bisa berjualan di dekat penjual makanan lain.

Misalnya sate, martabak, nasi goreng dan yang lainnya. Dengan begitu Anda juga bisa dilirik konsumen saat membeli makanan lain. Sehingga peluang ayam crispy Anda akan dibeli cukup besar. Sebaiknya pikirkan dulu lokasi jualan sebelum Anda menjalankan bisnis tersebut.


Peralatan

Tips jualan ayam crispy selanjutnya yaitu pada peralatannya. Biasanya peralatan yang digunakan untuk menjalankan usaha tersebut cukup beragam. Mulai dari gerobak, etalase, kompor gas, penjepit, wajan, dan masih banyak yang lainnya. Sebaiknya untuk mempersiapkan peralatan tersebut guna menjalankan bisnis semakin mudah.


Strategi Usaha

Setelah Anda mempersiapkan tempat dan peralatan jualan sebaiknya cari tahu juga strateginya. Cara kerjanya memang tidak cukup sulit. Anda cukup lumuri ayam dengan tepung dan digoreng. Hal tersebut cukup mudah Anda lakukan dan sebaiknya persiapkan bahan-bahan dari rumah. Selain itu, Anda bisa potong-potong ayam dan bersihkan. Sehingga Anda tinggal mencampurnya dengan tepung dan goreng.


Analisa Peluang Usaha

Menganalisa sebuah usaha memang perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar usaha yang Anda jalankan benar-benar tepat dan bisa memberikan keuntungan. Ayam crispy menjadi produk yang banyak dicari oleh para konsumen. Namun, Anda juga perlu pastikan peluang usaha mulai dari tempat hingga peminat ayam crispy. Pastika Anda bisa mendapatkan peluang usaha yang tepat untuk bisa mengembangkan usaha tersebut.


Konsep

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah usaha yaitu konsep. Seperti halnya jika Anda menginginkan mendirikan usaha ayam crispy. nda bisa memilih apakah konsep rumah makan, atau justru menggunakan gerobak kaki lima. Pastikan Anda memiliki tempat yang nyaman dan higienis.

Sehingga konsumen pun akan lebih merasa aman ketika membeli ayam crispy yang dijual. Selain tempat pastikan rasanya enak dan tidak mengecewakan. Untuk bisa menambah daya tarik tidak ada salahnya Anda menghias gerobak dengan lampu. Hal ini bertujuan agar bisa menarik konsumen lebih banyak.


Promosi

Pemula usaha ayam crispy perlu melakukan promosi agar bisnis bisa berjalan. Seperti halnya dengan yang bisa Anda lakukan. Semua orang menyukai harga murah dengan menu paket. Cara ini bisa membantu jualan makin laris manis. Jika tidak Anda bisa tambahkan menu lain.

Misalnya dengan menu kentang goreng atau minuman dingin. Anda bisa gunakan promosi dengan harga terjangkau lengkap bersama menu paket hemat. Dengan begitu konsumen akan merasa tertarik dengan menu paket yang Anda berikan.


Resep Ayam Goreng Crispy

Untuk menjalankan usaha ayam crispy salah satu hal utama yang harus Anda lakukan yaitu mengetahui bagaimana cara pengolahan. Untuk resepnya sendiri mungkin sudah tidak asing lagi. Bahannya cukup mudah ditemui. Namun, untuk pembuatannya masih banyak orang yang belum paham untuk bisa mendapatkan ayam renyah dan gurih. Sebaiknya Anda siapkan beberapa bahan untuk pembuatan ayam crispy.


Bahan dan Bumbu

  • daging ayam 1 ekor potong menjadi beberapa bagian
  • minyak goreng
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm garam


Bahan Tepung

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 300 gram tepung kanji
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam


Cara Pembuatan

Setelah Anda siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan saatnya untuk membuatnya. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat resep ayam crispy enak dan lezat. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat ayam crispy yaitu lumuri dengan bawang putih, garam dan merica bubuk. Ayam yang telah dilumuri bumbu tersebut diamkan beberapa saat hingga agar meresap.
  2. Gulingkan ayam pada tepung kanji dan celupkan ke air es.
  3. Selanjutnya gulingkan ayam ke tepung terigu, baking powder, bawang putih bubuk, merica dan garam. Aduk dan gulung-gulung menggunakan tangan hingga menggumpal pada permukaaan ayam.
  4. Masukkan kembali ke dalam air es, gulingkan lagi ke tepung dan lakukan langkah tersebut beberapa kali.
  5. Selanjutnya siapkan minyak pada wajan dan biarkan panas. Goreng ayam tepung tersebut dengan menggunakan api sedang.
  6. Setelah kuning kecoklatan dan garing angkat.


Menjalankan sebuah usaha memang tidak bisa dilakukan begitu saja. Apalagi bagi pemula, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti usaha ayam crispy yang cukup memiliki peluang besar. Salah satu yang bisa Anda lakukan sebagai pemula yaitu dengan bermitra bersama Elbek. Dimana sebagai tempat franchise ayam no.1 di Indonesia. Selain bermitra Anda juga bisa kunjungi Elbek dengan beragam pilihan menu paket berbagai olahan ayam termasuk geprek.