Elbek Fried Chicken, Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari!

Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Jualan makanan yang laku setiap hari memang butuh ide kreatif. Banyaknya jenis makanan yang dapat dijadikan pilihan ide jualan tentu membuat Anda sedikit bingung.

Namun jika Anda sadari, ada salah satu ide jualan yang menjadi makanan favorit setiap orang bahkan di semua kalangan dan umur. Ayam goreng tepung atau yang biasa disebut dengan fried chicken.


Mencari Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Jika Anda sadari, ada sebuah bisnis kuliner yang menjadi favorit masyarakat yang pasti laris manis. Ya, apalagi kalau bukan fried chicken atau ayam goreng tepung. Karena makanan ini bersifat praktis, enak dan mudah ditemukan. Bahkan harga yang terjangkau di berbagai kalangan. 

Makanan dengan bahan dasar daging ayam memang salah satu kuliner yang populer dan paling laris. Peminat ayam goreng tepung yang luar biasa membuat orang banyak membuka usaha untuk jualan fried chicken. 

Meskipun banyaknya orang yang berjualan bahkan dapat dibilang hampir menjamur pedagang fried chicken di setiap daerah. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak banyak orang yang menjual ayam goreng crispy itu dengan kualitas yang baik. Kematangan yang merata serta kulit luar yang terasa crispy terkadang tidak mereka perhitungkan.


Keunggulan Usaha Fried Chicken

Dengan menjalankan usaha ayam goreng tepung crispy, Anda  akan sangat diuntungkan dan termasuk usaha yang mudah untuk dijalankan. Jika Anda mengetahui bahan-bahan yang diperlukan, fried chicken ini termasuk ke dalam makanan yang bahannya mudah dan harga yang terjangkau. 

Modal usaha yang diperlukan pun juga tidaklah terlalu besar dan masih bisa Anda jangkau tentunya. Dari modal minim tersebut, jika anda dapat membuat sajian ayam goreng yang diminati banyak orang, tentu keuntungan yang Anda dapat akan berlipat-lipat.



Baca Juga: Bisnis Kuliner Milenial dengan Pendapatan yang Fantastis



Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Memulai Usaha Fried Chicken

Ada beberapa faktor dan hal penting yang harus anda siapkan dan pelajari sebelum memulai usaha ayam goreng. Agar usaha jualan makanan yang laku setiap hari ini memberikan keuntungan besar untuk Anda.


1. Siapkan Modal

Dalam membangun sebuah bisnis ataupun usaha, modal merupakan hal utama yang harus disiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Modal awal yang dibutuhkan untuk operasional usaha fried chicken adalah sekitar Rp 8 juta hingga Rp 25 juta. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk sewa lokasi, belanja bahan baku, belanja alat-alat, menggaji karyawan dan lain sebagainya.


2. Menentukan Konsep

Ini yang harus menjadi perhatian Anda. Konsep awal jualan fried chicken ini harus anda pertimbangkan secara matang, tentunya sesuai dengan modal awal Anda.

Jika Anda memilih konsep jualan makanan yang laku setiap hari berupa kaki lima, maka Anda harus menyiapkan gerobak usaha yang menarik dengan kaca transparan agar pembeli tahu bahwa makanan yang Anda jual bersih dan higienis. 

Tambahkan beberapa lampu agar pembeli semakin tertarik. Selain itu, lampu juga berfungsi sebagai media penghangat ayam.

Jika Anda memilih konsep warung makan atau restoran, maka Anda harus mengeluarkan budget yang lebih. Sebab selain membeli etalase untuk wadah ayam goreng tepung Anda. Anda juga harus menyediakan bangku untuk pembeli Anda menikmati makanannya tentunya.

Tidak kalah penting adalah lokasi yang akan Anda pilih. Pilih lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum agar dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan dan daerah kawasan fasilitas umum, tentu hal tersebut akan lebih menguntungkan untuk Anda. 

Sebab Anda tidak perlu menyewa kios atau ruko. Hanya tinggal merenovasi sedikit bangunan Anda untuk dijadikan tempat makan. Lokasi yang strategis ini tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan harian Anda.


3. Pelajari Teknik

Menjalankan bisnis kuliner ada beberapa hal mendasar yang harus anda pahami. Mulai dari trik memasak ayam, menjaga ayam agar tetap hangat, hingga teknik penyajian yang menarik.

Anda harus belajar bagaimana cara memarinasi ayam dan bumbu-bumbunya. Lalu cara penepungan ayam yang juga membutuhkan teknik. Waktu penggorengan yang pas dan tepat agar dapat menghasilkan warna dan kematangan ayam yang pas.

Selain itu, Anda juga harus tau teknik menyimpan daging di dalam lemari pendingin ketika ayam yang belum digoreng harus disimpan. Tujuannya tentu agar daging ayam dan makanan yang Anda hasilkan selalu dalam kondisi fresh.



Baca Juga: Cara Mempromosikan Makanan agar Makin Laris



4. Buat Menu Paket Hemat

Jika Anda memutuskan memilih konsep restoran, maka anda tidak bisa hanya menyajikan menu ayam goreng saja. Tentu harus dilengkapi dengan nasi dan minuman. 

Selain itu, untuk menarik perhatian pembeli, Anda juga harus menambahkan beberapa menu tambahan seperti kentang goreng atau inovasi dari fried chicken Anda. Semisal ayam geprek atau ayam dengan saus khas yang dapat Anda variasikan.

Sebagai ide jualan makanan yang laku setiap hari, harga yang Anda tawarkan pun juga harus sesuai dengan standar dan daya beli masyarakat. Untuk menjadi menarik, Anda dapat menggabungkan beberapa menu dan memberikan potongan harga sehingga membuat menu tersebut menjadi paket hemat. 

Semisal harga ayam paha ditambah nasi adalah Rp 11 ribu, kemudian Anda dapat menambahkan es teh seharga Rp 3 ribu. Kemudian buat paket hemat menjadi Rp 13 ribu untuk mendapatkan nasi ayam paha ditambah es teh. Tentu hal tersebut akan menarik pembeli, dan Anda juga tidak rugi.


5. Promosi

Jangan lupakan salah satu bagian penting, yaitu promosi. Hadirnya berbagai sosial media dapat anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga WhatsApp merupakan media gratis untuk promosi Anda. Buatlah foto produk yang menarik, yang tentunya merupakan foto real produk Anda dan tidak terlalu dibuat-buat.

Anda juga dapat bekerja sama dengan GoFood dan juga GrabFood. Dengan menjadi mitra ojek online, tentu cukup menguntungkan untuk usaha Anda. Serta akan lebih mudah mengenalkan produk Anda melalui ojek online. 

Meskipun persaingan bisnis kuliner ini ketat, namun Anda tetap harus optimis. Dengan kualitas rasa dan harga yang Anda berikan akan mampu bersaing dan menjadi pesaing yang kompeten.


6. Franchise

Untuk Anda yang masih bingung ingin memulai usaha fried chicken dari mana. Anda dapat memilih membuka franchise. Dengan pilihan tersebut, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana resep yang harus Anda buat. Sebab, dari bermitra dengan sebuah brand, Anda sudah dapat paket lengkap dan tinggal menjalankan.

Salah satu franchise yang dapat anda pilih adalah Elbek Fried Chicken. Sebuah bisnis yang dikembangkan oleh PT. Karya Mitra Boga  ini merupakan anggota dari PT. Rumah Indonesia. Dengan bermitra dengan Elbek Fried Chicken, Anda akan diberikan usaha dengan konsep sharing margin, yang menjadikan manajemen utama dalam pengelolaan bahan baku untuk seluruh mitra Elbek Fried Chicken.

Area yang dijangkau saat ini sudah meliputi wilayah DKI Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, Bekasi, Bandung hingga Makassar. Tidak menutup kemungkinan akan ada area layanan di luar daerah tersebut dan di kota-kota Anda.

Dengan komitmen untuk selalu memberikan inovasi terbaru yang tentunya menarik, halal, bergizi, aman dikonsumsi, dan disesuaikan dengan selera masyarakat yang Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena manajemen Elbek Fried Chicken akan selalu memberikan dampingan kepada setiap mitranya. 

Untuk paket Mitra yang ditawarkan saat ini ada 2, yaitu paket Kemitraan seharga Rp 25 juta dan paket Submitra Rp 8.5 juta. Di mana Anda sudah mendapatkan bahan baku serta alat-alat yang Anda perlukan. Tentunya jualan makanan yang laku setiap hari ini, dengan resep spesial yang akan diberikan kepada Anda. Anda juga akan didampingi hingga mendapatkan keuntungan yang besar. Jangan ragu bermitra bersama Elbek Fried Chicken!