Cara Mempromosikan Makanan agar Makin Laris

Cara Mempromosikan Makanan

Cara mempromosikan makanan ternyata bukan merupakan hal yang mudah. Pasalnya, untuk mempromosikan makanan diperlukan strategi dan ide kreatif yang mumpuni. 

Hal tersebut disebabkan persaingan bisnis saat ini yang sangat amat ketat. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman mengenai strategi dan cara promosi yang tepat.


Cara Mempromosikan Makanan dengan Kemajuan Teknologi

Sebelum anda belajar cara promosi yang efektif, alangkah baiknya anda memulai dengan memantapkan produk makanan anda. Setelah itu, anda dapat mulai mempelajari strategi pemasaran yang efektif dengan biaya tidak terlalu besar. 

Selain itu, pastikan promosi anda juga tepat sasaran. Sehingga tidak membuang energi dan biaya, namun tidak mendapatkan pemasukan sama sekali karena target market yang salah.


1. Manfaatkan Media Sosial

Di zaman modern yang serba canggih ini, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi. Bahkan saat ini, berjualan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti media sosial merupakan pilihan banyak pedagang. 

Mulai dari Facebook, Instagram, bahkan hingga marketplace dapat anda gunakan untuk media promosi jualan anda. Mengenalkan produk jualan anda secara gratis melalui media sosial tentu akan menghemat budget anda dalam promosi. Sehingga budget tersebut dapat anda alihkan untuk kebutuhan yang lainnya.


2. Buat Nama Produk yang Mudah Diingat

Jangan lupa untuk membuat nama untuk produk anda. Sebab branding merupakan salah satu hal yang sangat penting. Orang akan mengenali produk anda melalui merek. Oleh sebab itu, buatlah merk atau nama produk yang menjual dan mudah diingat. 

Anda dapat mencari ide nama produk yang unik dari berbagai bahasa. Mulai dari bahasa Indonesia, bahasa Sansekerta, bahasa Inggris, atau bahasa lainnya yang memiliki daya tarik dan nilai jual.


3. Buat Slogan yang Menarik

Jika anda melihat brand-brand makanan besar, tentu anda tahu bahwa di setiap merek memiliki slogan tersendiri. Anda pun juga dapat membuat slogan untuk produk makanan anda sendiri.

Buat slogan yang dapat booming di berbagai penjuru Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Oleh sebab itu, buatkan sebuah slogan yang mudah diingat dan menarik. 

Sehingga orang akan tertarik dengan produk makanan yang anda jual. Selain itu, mengingat produk anda dengan mudah hanya melalui sebuah slogan.



Baca Juga: Tips Bisnis Fried Chicken yang Menguntungkan!



4. Kumpulkan Data Pelanggan

Ketika anda mulai menjual produk anda, jangan lupa untuk menyimpan nama dan nomor handphone pelanggan anda. Sebab hal tersebut akan sangat berguna sebagai cara mempromosikan makanan jualan anda kedepannya. Dengan memiliki data pelanggan, anda juga dapat memberikan penawaran semisal ada produk makanan terbaru yang anda buat.


5. Bagikan Sampel Produk secara Gratis

Mungkin untuk awal memulai usaha, anda memerlukan salah satu modal untuk memberikan produk anda secara gratis sebagai sampel. Dengan cara seperti ini, tentu akan menarik minat pelanggan untuk membeli makanan anda. 

Sebab, mereka sudah mengetahui rasa dan kualitas dari produk anda. Oleh karena itu, di awal sebelum promosi anda sudah harus memantapkan resep dan rasa dari produk makanan yang anda jual. 

Namun sampel yang anda buat untuk dibagikan secara gratis tentunya tetap harus anda perhitungkan budgetnya agar cash flow anda tetap seimbang.


6. Berikan Bonus untuk Pelanggan

Ketika anda sudah mendapatkan pelanggan, maka anda harus benar-benar menjaga pelanggan anda tersebut agar selalu repeat order makanan anda. Pertahankan cita rasa yang pelanggan sukai.

Selain itu, jika pelanggan tersebut merupakan pelanggan tetap dan selalu order kembali, tidak ada salahnya anda memberikan bonus kepada pelanggan tersebut. Hal seperti itu juga merupakan salah satu trik cara mempromosikan makanan yang anda jual. 

Dari mulut ke mulut, maka akan tersebar bahwa jualan anda merupakan makanan rekomendasi yang patut untuk dicoba. Dengan demikian, anda sudah melakukan promosi secara gratis tanpa mengeluarkan budget.


7. Jaga Kualitas Produk

Jika usaha makanan anda sudah mulai ramai dan banyak pelanggan, anda harus menjaga kualitas produk anda. Akan lebih baik lagi jika anda dapat meningkatkan dan membuat inovasi-inovasi untuk produk makanan anda.

Tampilan bersih tentunya akan memberikan penilaian mengenai kehigienisan makanan anda. Dari segi kebersihan, untuk usaha makanan tentu harus sangat menjaga kebersihannya. 

Sebab, jika terlihat kurang bersih sedikit saja, akan mengecewakan pembeli dan bahkan mereka tidak mau lagi membeli produk anda. Berikan layanan sesuai dengan standar kesehatan yang ada agar pembeli memberikan nilai yang positif dan bagus untuk produk makanan anda.


8. Gunakan Strategi Pemasaran Offline

Kesuksesan dari sebuah bisnis adalah kombinasi dari strategi pemasaran, baik offline maupun online. Keduanya sama-sama memberikan dampak yang positif apabila dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara pemasaran produk secara offline yang dapat anda lakukan.



Baca Juga: Elbek Fried Chicken, Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari!



9. Sebarkan Kartu Nama Usaha Bisnis Anda

Dalam masa promosi produk, anda tentu perlu menyiapkan kartu nama sebagai identitas anda dan usaha anda. Cara ini terbilang murah dan mudah. 

Anda dapat memberikan kartu nama anda kepada orang-orang terdekat anda terlebih dahulu atau bisa menitipkan kartu nama tersebut di warung kelontong atau tempat lainnya yang merupakan target market anda.


10. Jadilah Sponsor

Mungkin untuk cara ini memerlukan budget yang cukup besar. Namun produk dan nama brand anda akan mudah masuk ke masyarakat dengan menjadi salah satu sponsor. 

Ketika anda menjadi salah satu sponsor dalam sebuah acara semisal di lingkungan anda sendiri, tentu merupakan salah satu promosi yang sangat mudah dan dapat membangun hubungan antara brand anda dengan masyarakat sekitar.


11. Beriklan di Media Lokal

Media lokal di tempat anda juga merupakan salah satu cara mempromosikan makanan jualan anda. Biasanya tarif yang mereka patok tidak terlalu besar, sebab lingkup yang mereka sasar juga hanya dalam lokalan daerah anda saja. 

Namun tentu mempunyai dampak yang cukup membuat nama usaha anda dikenal masyarakat. Dengan desain, nama, dan slogan yang unik, tentu akan membuat masyarakat tertarik membeli dan mencoba produk makanan anda.


12. Gunakan Strategi Pemasaran Online

Jika anda ingin menambah jaringan semakin luas, anda dapat menggunakan strategi pemasaran secara online. Namun untuk strategi online ini, anda harus menguasai beberapa teknik tentang pemasaran produk secara online dengan menggunakan media sosial. Berikut ini adalah beberapa tips cara mempromosikan makanan secara online.


13. Aktif di Media Sosial

Untuk mencari pelanggan baru dan memperluas jangkauan pelanggan, anda harus aktif di media sosial. Facebook dan Instagram merupakan media sosial yang mudah dan gratis untuk dapat anda gunakan.

Di Facebook, anda dapat bergabung dengan grup jual beli di kota anda. Kemudian anda tinggal memposting produk makanan yang akan anda jual. Tunggu respon dari pembeli baru. Namun sebelumnya, pastikan postingan anda memuat kata-kata dan gambar yang menarik. 

Selain Facebook, ada Instagram yang juga bisa anda gunakan sebagai media promosi secara gratis. Dalam Instagram, anda dapat menggunakan tagar pencarian agar ketika orang mencari tentang referensi kuliner, postingan anda dapat masuk ke dalam tagar tersebut.

Pastikan untuk anda selalu rajin dalam mengupload dan memberikan tanggapan yang fast respon agar konsumen puas dengan pelayanan pertama anda.


14. Pilihlah Usaha yang Menguntungkan

Untuk anda yang masih bingung ingin memulai usaha makanan apa dan mau mulai darimana. Anda tidak perlu khawatir, bergabung menjadi mitra Elbek Fried Chicken. Dengan modal yang terjangkau, anda dapat membuka usaha kemitraan yang tentunya sudah tidak perlu pusing lagi untuk melakukan pemasaran dari awal. 

Cara mempromosikan makanan ini pun semakin mudah, sebab sudah terdapat merek dan ketika anda memilih paket, anda sudah mendapatkan spanduk juga menu sebagai media promosi.  Selain itu, bisnis fried chicken ini setiap hari pasti akan selalu ada pembeli. Sehingga sangat minim risiko untuk rugi. Produk Elbek Fried Chicken merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan, mengingat produk makanan yang dihasilkan merupakan produk aman, higienis, dan digemari oleh seluruh kalangan.