Bumbu Fried Chicken: Rahasia Ayam Goreng Renyah

Bumbu Fried Chicken, Rahasia Ayam Goreng Renyah

Fried Chicken atau ayam goreng tepung merupakan makanan krispi, banyak orang yang menyukainya. Anda bisa membuat resep dengan bumbu fried chicken yang renyah dan juicy. Jadi, tidak harus membelinya untuk mendapatkan ayam goreng tepung yang lezat.

Bumbu dapat Anda racik sendiri dengan berbagai macam perpaduan. Seperti rempah-rempah asli Indonesia maupun luar negeri. Sehingga fried chicken sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. 

Terdapat beberapa resep untuk kerenyahannya. Jangan tanya, sekali gigit langsung akan pecah bahkan garingnya tahan seharian. 


Inilah Resep Rahasia Bumbu Fried Chicken

Untuk membuat fried chicken, pertama harus mempersiapkan adonannya. Buatlah dua adonan berbeda, pertama bahan pencelup dari telur dan susu. Kemudian pencelup tepung berbumbu. 

Sedangkan untuk potongan ayam sesuai selera. Anda bisa menyertakan tulang atau tanpa tulang, seperti fillet dada. 

Contoh resep untuk 1 kg ayam, sertakan dengan bumbu bawah putih 8 siung, garam 2 sdt, lada putih bubuk 1 sdt, kunyit bubuk 1 sdt dan kaldu bubuk ayam 9 gram. Langkah selanjutnya adalah haluskan bawang putih dan campur dengan bumbu-bumbu tersebut untuk marinasi ayam. 

Bahan tepung gunakan yang berprotein tinggi sebanyak 1 kilogram. Kemudian tambahkan bawang putih bubuk 2 sdt, garam 2 sdt, penyedap rasa 2 sdt, lada bubuk hitam 1 sdt dan lada bubuk putih 1 sdt. Kemudian tambahkan pula bumbu-bumbu import, seperti basil leaves dan oregano masing-masing 1 sdt. Lalu crushed thyme 1/2 sdt.

Selanjutnya perlu menambahkan bubuk dari 1/2 sdt, kaldu bubuk ayam 9 gram, cabe bubuk 1/2 sdt dan soda kue 1 sdt untuk bumbu fried chicken. Sedangkan untuk bahan air rendaman gunakan air putih biasa 3 liter. Jangan lupa campurkan susu bubuk atau full cream 1 sdm dan 2 butir telur.


Cara Membuat Fried Chicken

Pertama bersihkan ayam lalu potong menjadi beberapa bagian. Supaya tidak amis, Anda bisa memberikan air jeruk pada ayam lalu cuci kembali. Setelah ayam cukup bersih lalu tiriskan. 

Siapkan wadah bersih untuk potongan ayam tersebut. Campurkan dengan bumbu marinasi dan aduk secara merata. Agar lebih meresap, remas-remas ayam dan tusuk menggunakan garpu. 

Supaya bumbu marinasi meresap dengan sempurna hingga ke dalam daging, Anda bisa menyimpan ayam pada freezer terlebih dahulu. Kemudian simpan memakai wadah tertutup dan diamkan selama satu hari atau lebih. Karena semakin lama Anda menyimpannya maka bumbu akan meresap dengan baik. 

Jika ingin mengolah ayam tersebut, maka keluarkan dari freezer. Tunggulah sampai ayam tidak beku lagi pada suhu ruangan. 

Campurkan susu dan telur dalam mangkuk. Kemudian kocok hingga rata. Untuk pembuatan bahan tepung masukkan dalam wadah dan campur dengan bumbu di atas secara merata. 

Celupkan potongan ayam dalam campuran susu dan telur. Setelah itu angkat dan tiriskan. 

Langkah selanjutnya adalah proses penepungan. Setelah semua bahan telah dipersiapkan, maka lakukan beberapa kali penepungan dan perendaman. 

Masukkan potongan ayam yang sudah tidak beku dalam baskom yang telah diberi tepung dan bumbu fried chicken. Aduk dengan kedua tangan. Jangan meremasnya, lakukan beberapa kali dan angka setelah ayam berlumuran tepung. 

Setidaknya lakukan 3 kali penepungan dan 2 kali perendaman. Masukkan ayam yang telah dilumuri tepung dalam air rendaman. Lalu angkat dan tiriskan. 

Ulangi penepungan kembali dengan cara memasukkan ayam dalam tepung. 

Saat melakukan penepungan ulang jangan berlebihan ketika mengaduknya. Apalagi meremasnya hingga ayam menjadi keriting. Lalu masukkan kembali dalam wadah air rendaman.

Langkah selanjutnya adalah angkat dan tiriskan. Ini merupakan proses perendaman yang terakhir. Lalu lakukan penepungan yang terakhir pula. 


Teknik Menggoreng

Masukkan minyak kedalam wajan, lalu panaskan dengan suhu kurang lebih 150 derajat. Perhatikan suhu minyak hingga stabil selama 10 hingga 12 menit.

Kegagalan untuk menghasilkan fried chicken yang renyah terkadang karena proses penggorengan yang tidak sempurna. Pasalnya, suhu minyak dari awal hingga akhir tidak stabil dalam posisi 150 derajat. 

Banyak yang menggoreng dengan hasil matang bagian luar. Namun ternyata dalamnya masih berdarah atau mentah. Begitu pula sebaliknya, terkadang bagian dalam matang tetapi luarnya gosong. 

Bahkan lebih buruknya lagi, bagian dalam belum matang namun luarnya sudah gosong. Solusi terbaik adalah menggunakan termometer minyak. 

Dengan demikian, Anda bisa mengatur suhu minyak lebih stabil. Karena terdapat jarum termometer yang akan menunjukkan besarnya api. Jadi, bila suhu lebih dari 150 derajat maka Anda dapat segera mengecilkan api. 


Trik Ayam Goreng Tepung Lebih Krispi

Siapa sih yang tidak akan tergoda dengan kelezatan fried chicken? Aromanya nikmat dan akan terasa lebih mantap bila dicocol dengan saus tomat atau sambal. 

Ayam goreng tepung buatan sendiri atau homemade akan lebih enak. Apalagi dengan bumbu fried chicken yang tepat akan menambah cita rasanya semakin lezat. Meskipun kini telah banyak terjual tepung jadi untuk membuat fried chicken. 

Untuk membuat fried chicken dengan rasa yang tidak kalah dengan yang ada di restoran, terdapat trik khusus. Pertama, sebaiknya Anda memotong ayam dengan ukuran yang sama. Hal tersebut membuat ayam akan matang secara bersamaan. 

Kemudian saat ayam sudah direndam dengan bumbu marinasi maka diamkan minimal selama 8 jam. Bisa juga dengan menaruhnya dalam wadah tertutup dan menyimpan dalam lemari pendingin. 

Sesudah mencelupkan dalam rendaman, lebih baik meniriskan terlebih dahulu. Sebelum menyimpannya dalam freezer. Karena bila masih dalam kondisi basah, maka bisa kemungkinan fried chicken kurang renyah. 

Setelah proses penepungan selesai dan dilakukan secara berulang, maka diamkan selama beberapa saat. Sehingga lapisan ayam dan tepung agak mengering sebelum digoreng. 

Dalam teknik menggoreng,  bila suhu terlalu panas maka akan membuat ayam mudah gosong. Namun terkadang bagian dalamnya masih mentah. 

Untuk itu, saat proses penggorengan membutuhkan deep frying atau penggunaan minyak yang banyak. Pastikan seluruh bagian ayam terendam minyak saat menggorengnya. Maka dari itu, gunakan wajan cekung atau panci. 

Jika ayam sudah berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Anda bisa menyajikannya bersama dengan mayonaise atau saus sambal. 


Manfaat Daging Ayam

Fried chicken merupakan salah satu makanan yang disukai semua kalangan, terlebih anak-anak. Ayam goreng tepung juga menjadi salah satu primadona dari olahan ayam. Apabila jika pengolahan dan bumbu fried chicken tepat, maka akan menghasilkan tekstur daging yang empuk namun tetap krispi di luar. 

Proses pengolahan dan penyajian dari fried chicken yang tepat ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain dapat meningkatkan nafsu makan. Dalam fried chicken mengandung protein dan zinc yang mampu memperbaiki nafsu makan. 

Selain itu, mengkonsumsi daging ayam akan meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya daging ayam kaya akan kandungan mineral yang baik bagi kekebalan tubuh. 

Lebih menguntungkannya lagi, kesehatan tulang akan terjakan dengan mengkonsumsi daging ayam. Karena banyak mengandung zat fosfor yang akan memperbaiki kekuatan tulang. 

Jadi, tidak ada salahnya menjadikan daging ayam sebaik lauk untuk menu sehari-hari. Untuk itu, pilihlah daging yang layak konsumsi dan berkualitas. 


Ayo, buruan nikmati fried chicken penuh kelezatan dan kunjungi Elbek Fried Chicken. Beli produk dari Elbek sekarang juga, jangan sampai kehabisan ya! Resep bumbu fried chicken yang sempurna akan menyuguhkan cita rasa yang gurih, sedap dan lebih renyah.