Tips Bisnis Fried Chicken yang Menguntungkan!

Bisnis Fried Chicken

Bisnis fried chicken kini semakin menarik untuk dicoba oleh mereka yang tengah mengincar bisnis untuk usaha. Hal ini karena fried chicken sendiri merupakan salah satu menu makanan yang menjadi favorit masyarakat di tanah air. Coba saja perhatikan ke sekeliling kalian, pasti ada kios atau restoran yang menjual fried chicken sebagai salah satu menunya.

Untuk menu makanan satu ini tersedia beberapa varian, misalnya fried chicken ala kentucky, ala Korea maupun ala Taiwan. Bahkan kekinian, telah tersedia jenis baru dalam usaha fried chicken, yaitu ayam geprek. Semua tersedia demi memenuhi keinginan konsumen dan juga untuk memberi warna dalam menu makanan.

Dari sekian banyaknya jenis usaha, kenapa usaha fried chicken begitu diminati? Tentunya karena memiliki potensi yang menguntungkan. Untuk modalnya sendiri, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Sementara proses memasaknya pun tergolong mudah dan cepat, terlebih daging ayam begitu mudah ditemui dengan harga terjangkau.


Bagaimana agar Bisnis Fried Chicken Punya Banyak Pelanggan?

Bisnis ayam goreng krispi atau fried chicken adalah salah satu jenis usaha kekinian dengan prospek yang bagus. Namun dengan semakin banyaknya persaingan, kreasi sebuah menu makanan pun harus mampu berkembang. Hal ini agar bisnis yang kalian jalani selalu dilirik oleh calon konsumen.

Bahkan kalian juga bisa memilih konsep ayam krispi tradisional maupun modern dengan berbagai topping berbumbu lokal. Misalnya saja, ayam geprek yang belakangan ini semakin laris dan menguntungkan pelaku usaha. Namun, tak hanya harus pandai berkreasi, kebersihan lokasi dan makanan pun juga harus selalu diperhatikan.

Konsep untuk bisnis fried chicken sangat berpengaruh pada semua jenis persiapan serta modal yang akan kalian jalankan. Namun yang perlu kalian catat adalah ada beberapa konsep yang sama dalam menentukan usaha fried chicken ini. Yakni dari sisi pemasaran dan sisi perlengkapan dapur yang kalian pakai.


1. Promosikan Melalui Sosial Media

Ketika kalian telah yakin untuk melakukan bisnis fried chicken, penting sekali untuk melakukan promosi. Pada era modern seperti ini, cara paling mudah adalah dengan mempromosikan usaha melalui sosial media. Karena telah banyak para pengguna internet yang lebih memilih mencari menu makanan melalui media online ini.

Buatlah konten menarik dengan menunjukkan kelezatan fried chicken berupa foto maupun video. Dengan menggunakan akun sosial media, kalian juga bisa mempromosikan promo-promo yang sedang berlangsung kepada followers. Bahkan bisa sangat menguntungkan lagi jika kalian memberi promo khusus bagi pelanggan yang sudah mengikuti akun sosial media kalian. Hal ini tentunya akan membuat bisnis fried chicken kalian semakin dikenal banyak orang sehingga semakin ramai pelanggan.



Baca Juga: Elbek Fried Chicken, Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari!



2. Promo Menarik dengan Paket Hemat

Bukan rahasia lagi jika semua orang tertarik dengan harga yang murah, terlebih lagi jika dilengkapi dengan menu paket. Tips satu ini akan membuat bisnis fried chicken kalian semakin laris manis sert menjadi idola pelanggan. Buatlah dengan paket menu yang lebih murah dari kompetitor kalian tanpa mengurangi cita rasa pada masakan. Misalnya saja dengan menggabungkan ayam krispi dengan nasi ataupun minuman. Dengan begitu orang-orang akan tertarik untuk mengunjungi lokasi kalian karena bisa memesan dengan paket hemat.


3. Bekerjasama dengan Ojek Online

Selanjutnya, untuk meningkatkan pemasaran agar penjualan semakin meningkat kalian bisa menjadi mitra salah satu ojek online. Tidak dapat dipungkiri, hampir semua orang saat ini bergantung dengan layanan pesan-antar makanan online. Selain itu, dengan bergabung menjadi mitra ojek online bisnis fried chicken kalian akan terlacak oleh pengguna yangs ednag melakukan pemesanan makanan. 

Tentunya hal ini bisa menambah jumlah pelanggan yang sangat mungkin untuk mengunjungi ke lokasi bisnis kalian. Terlebih lagi dengan tambahan fitur rating untuk setiap vendor makanan juga bisa membantu menaikkan citra usaha fried chicken kalian.


4. Pelajari Teknik Menggoreng Ayam dengan Benar

Ketika menjalankan bisnis fried chicken, hal yang harus kalian kuasai adalah bagaimana cara mengolah ayam tersebut. Karena tidak semua orang bisa menggoreng ayam dengan baik dan benar. Selain itu, tampilan pada ayam goreng merupakan hal yang pertama kali akan dilihat oleh pelanggan. Untuk itu kalian perlu menguasai teknik menggoreng ayam agar tetap awet krispi.

Berikut tahap demi tahap membuat ayam goreng yang gurih dan renyah:

  • Siapkan bumbu marinasi yang terdiri dari bawang putih halus, merica bubuk, jahe bubuk dan garam.
  • Tambahan sedikit air pada semua bahan, lalu rendam ayam potong dalam bumbu tersebut.
  • Simpan dalam wadah tertutup dan taruh beberapa saat dalam lemari es.
  • Selanjutnya proses penepungan dengan membalurkan ayam pada campuran tepung terigu, merica, bawang putih dan garam.
  • Celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok.
  • Ulangi proses ini satu kali lagi.
  • Jika sudah dilapisi tepung, diamkan beberapa saat hingga lapisannya agak kering sebelum digoreng.



Baca Juga: Cara Mempromosikan Makanan agar Makin Laris



5. Menentukan Lokasi yang Strategis

Saat kalian menjalankan sebuah usaha, selain beberapa rangkaian diatas, kalian juga harus menentukan lokasi. Karena lokasi yang strategis sangat menentukan ramai atau laris tidaknya usaha yang kalian jalankan. Carilah lokasi yang ramai dan belum ada penjual fried chicken di lokasi tersebut. Hal ini akan sangat menguntungkan kalian, karena tidak terdapat pesaing dengan jenis usaha yang sama dalam satu lokasi.

Bisnis akan berjalan dengan mudah apabila produk bisa terlihat jelas oleh calon konsumen. Terlebih lagi jika penampilan fried chicken benar-benar menggoda, tentu akan membuat calon konsumen semakin tertarik. Beberapa tempat yang cocok untuk melakukan bisnis fried chicken adalah di pinggir jalan ramai, dekat perumahan warga, kampus maupun sekolah. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa melakukan bisnis ini di pusat perbelanjaan, misalnya saja dekat mall, pasar dan sebagainya. Sehingga akses lebih mudah berpotensi untuk dikunjungi calon konsumen.


6. Melakukan Model Bisnis Kemitraan

Salah satu cara paling ampuh dalam menjalankan bisnis adalah melakukan kerjasama dengan bisnis kemitraan. Salah satu jalan yang bisa kalian ambil adalah dengan bergabung dengan manajemen Elbek Fried Chicken. Dengan model bisnis kemitraan berkonsep sharing margin, menjadikan manajemen utama pengelolaan distribusi bahan baku untuk para mitra.

Dengan bergabung menjadi mitra pada manajemen ini, kalian bisa mendapatkan paket ekonomis dengan ditunjang menu yang variatif. Bahkan pihak manajemen siap memberi dukungan operasional berupa anyar jasa ke wilayah kemitraan. Selain itu pihak manajemen siap untuk menyediakan keperluan penunjang mitra dalam menjalankan bisnis fried chicken. Sangat menarik bukan, terlebih bagi kalian yang baru saja ingin memulai bisnis.

Lalu bagaimana cara bergabung untuk menjadi mitra bisnis tersebut?Jangan khawatir, karena caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu menghubungi pihak manajemen Elbek Fried Chicken yang berlokasi di Jl. Mampang Prapatan Raya No.88, JakSel 12790. Atau bisa dengan mengunjungi website Elbek. Setelah itu, bersiaplah menjalankan bisnis kalian untuk meraih kesuksesan.